Bersyukur Ada GPS , Komplotan Perampok dapat Mudah dibekuk

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Berkat bantuan Global Positioning System (GPS), truk dengan nomor polisi KT 8150 MU milik Junaidi (52) warga Jalan Sultan Alimuddin Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda ilir akhirnya ditemukan Unit Reskrim Polsekta Samarinda Ilir pada Selasa (9/9/2015) sekitar pukul 11.00 Wita.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolsekta Samarinda Ilir Kompol Suryono. Ia menjelaskan pihaknya bergerak setelah mendapatkan laporan resmi dari pemilik mobil, yakni Junaidi.

“Jadi saat pelapor menerangkan kalau dia telah memasang GPS di truk miliknya yang hilang saat itu,” ucapnya.

Suryono menjelaskan kalau mobil korban sebelum dicuri terkahir diparkir di depan SPBU Gunung Mangga. Guna mengetahui keberadaan mobil tersebut, polisi yang menggunakan GPS lalu melakukan pengecekan. Berdasarkan hasil pantauan melalui GPS, pada siang (7/9/2015) truk tersebut berada di Bontang. Lalu saat malam harinya posisi mobil berada di Rantau Pulung, Kutai Timur (Kutim).

Baca: Modus Baru, Pencuri Pura-pura Cari Rumah Kontrakan

“Akhirnya kita melakukan koordinasi dengan polsek Rantau Pulung. Hingga akhirnya bisa mengamankan pelaku satu orang dan satunya lagi masih dalam pengejaran,” tuturnya.

Tersangka yang telah berhasil diamankan yakni, Dedi Hamka (21) warga Jalan Bengkuring, Samarinda Utara. Menurut pengakuannya, ia mendatangi truk tersebut bersama temannya Yu (35). Ia mengaku masuk ke dalam truk dengan cara mencongkel kaca belakang dan melepas karet penutupnya.

“Waktu berhasil masuk, nyalakan truknya pakai kunci dan beberapa alat seadanya. Rencana mau dibawa ke Kutim,” ucap Dedi.

Dedi yang mengaku baru pertama kali mencuri tersebut berencana ingin membawa truk itu ke Kutim, dan digunakan untuk bekerja, sebagai pengangkut sawit dan kayu.

“Baru pertama kali, dulunya saya kerja sebagai kernet truk jalur Samarinda-Wahau. Bukan untuk dijual, tapi truknya mau dipakai bongkar muat kayu dan sawit di Kutim,” ujar Dedi. (*)



Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Berkat GPS, Polisi Berhasil Tangkap Komplotan Pencuri Truk, https://kaltim.tribunnews.com/2015/09/10/berkat-gps-polisi-berhasil-tangkap-komplotan-pencuri-truk.

Penulis: Christoper Desmawangga | Editor: Trinilo Umardini



sumber :https://kaltim.tribunnews.com/2015/09/10/berkat-gps-polisi-berhasil-tangkap-komplotan-pencuri-truk